Senin, 15 Desember 2014

Unlocking the Power of Natural Resources to Strengthen Communities in Rural Indonesia

"Tri Mumpuni telah menggunakan kemajuan teknologi untuk membuka kekuatan SDA di Indonesia dan memperkuat komunitas di sekitarnya"

Itulah kutipan yang muncul di awal-awal video, kurang lebih mungkin begitu artinya. Satu lagi kutipan langsung dari beliu, "Kebahagiaan itu untuk dibagikan", itulah yang melandasi beliau ingin memajukan lingkungannya. Lahir dari keluarga yang berkecukupan, ia ingin membalas apa yang diberikan Tuhan pada dirinya, kepada orang-orang disekitarnya.

Di Indonesia, terdapat banyak komunitas, dengan masalah mendasar yang sama yaitu akses kepada energi. Untuk anak-anak misalnya, pagi hari mereka sekolah, sore hari mereka pulang lalu membantu orangtuanya di sawah, dan malamnya mereka harus belajar namun tidak ada sumber daya listrik. Tanpa listrik mereka tidak bisa belajar. Beliau ingin memberi listrik, penerangan-penerangan bagi mereka yang membutuhkan. Energi yang terbarukan, yang dekat dengan masyarakat, dengan sumber daya yang ada disekitar masyarakat tersebut.

Prioritas utama dari sumber daya ini adalah agar dapat berkelanjutan, dengan cara melakukan pelatihan, bagaimana merawat, mengoprasikan, dan menjaga alat-alat tersebut. Sehingga masyarakat dapat mengerti apa itu teknologi. Dan mengerti bahwa teknologi dapat berguna bagi mereka.

Dari desa-desa yang memiliki sumber daya yang cukup, mereka dapat menghasilkan listrik sebesar 10kwH, dimana hanya 10% yang terpakai, dan sisanya bisa mereka gunakan untuk pembangunan desa ataupun beasiswa bagi anak-anak didesa tersebut, dari hasil penjualan energi listrik tersebut. Dan bahkan untuk membantu desa-desa disekitarnya.

Prioritas utama dari beliau adalah masyarakat itu sendiri terdorong dan terbangun, ia ingin masyarakat itu siap sebelum mendapatkan edukasi tentang teknologi. Masyarakat berhak mendapatkan, merasakan, menikmati hasil dari teknologi. Guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, dan kehidupan yang layak.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=IN9-NAZ7cvg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar