Senin, 15 Desember 2014

Clipper & Clamper

Clipper

Rangkaian clipper adalah rangkaian yang digunakan untuk membatasi tegangan agar tidak melebihi dari suatu nilai tegangan tertentu. Rangkaian ini memiliki kemampuan untuk memotong bagian tertentu dari sinyal masukan tanpa mengganggu bagian sinyal masukan lainnya yang dilewatkan.
Rangkaian clipper berfungsi untuk membuang polaritas sinyal. Jika sinyal yang ingin dibuang adalah sinyal polaritas positif maka digunakan clipper positif. Jika sinyal yang ingin dibuang adalah polaritas sinyal negatif maka digunakan clipper negatif.

1.       Clipper positif disebut juga pembatas positif (positive limiter), karena tegangan output dibatasi maksimum 0 Volt.
                Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas tegangan output bagian positifnya semua dipotong. Cara kerja rangkaian adalah sebagai berikut:
Selama setengah siklus positif tegangan input dioda konduksi, dengan  demikian kita dapat membayangkan dalam kondisi ini dioda seperti saklar tertutup.
Tegangan pada hubungan singkat harus sama dengan nol, oleh sebab itu tegangan output sama dengan nol selama tiap-tiap setengah siklus positif sehingga semua tegangan jatuh pada resistor( R).
Biasanya RL jauh lebih besar dari pada R sehingga Vout  -VP. Selama setengah siklus positif dioda konduksi dan seluruh tegangan jatuh pada R dan sebaliknya pada setengah siklus negatif diode off, dan karena RL jauh lebih besar dari R sehingga hampir seluruh tegangan setengah siklus negatip muncul pada RL. Seperti yang diperlihatkan  pada gambar clipper positif semua sinyal diatas level 0V telah dipotong.

2.       Clipper Di bias
Clipper dibias berarti membuang semua sinyal diatas level +V. Dalam beberapa aplikasi , mungkin level pemotongan tidak = 0V, maka dengan bantuan clipper dibias kita dapat menggeser level pemotongan positif atau level negatif yang diinginkan.
Pada gambar diatas, menunjukkan clipper dibias. Agar dioda dapat konduksi tegangan, input harus lebih besar dari pada +V. Ketika Vin lebih besar daripada +V dioda berlaku seperti saklar tertutup dan tegangan output sama dengan +V dan tegangan output tetap pada +V selama tegangan input melebihi +V. Ketika tegangan input kurang dari +V  dioda terbuka dan rangkaian kembali pada pembagi tegangan.


Clamper

Rangkaian Clamper adalah rangkaian yang digunakan untuk memberikan offset tegangan DC, dengan demikian, tegangan yang dihasilkan adalah tegangan input ditambahkan dengan tegangan DC. Rangkaian ini ditunjukkan oleh gambar berikut ini:
                                                                   Rangkaian ini berfungsi untuk  mendorong sinyal masukan pada suatu level tegangan DC tertentu.
Rangkaian Penggeser(Clamper) ini memberikan penambahan komponen DC pada tegangan masukan. Akibatnya, seolah-olah terjadi pergeseran (clamping) pada tegangan. Jika penambahan komponen DC negatif, maka terjadi pergeseran tegangan ke bawah (negatively clamped), dan begitu pula sebaliknya, (positively clamped)
Manfaat rangkaian clamper adalah menambahkan nilai DC pada sinyal AC. Rangkaian clamper menggunakan kapasitor dan dioda :

·         Dioda sebagai penyearah
·         Kapasitor sebagai penyimpan tegangan

·         Bila perlu ditambahkan sumber tegangan untuk memberi kebebasan menentukan nilai DC.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar